Batam Lakukan Penyesuaian Tarif

PELABUHAN Batam yang meliputi wilayah kerja Barelang (Batam,Rempang dan Galang) akan segera lakukan penyesuaian tarif layanan dan jasa, setelah 11 tahun lebih tidak pernah menaikkan tarif.Pemerhati industri pelabuhan dan pelayaran nasional, Sungkono Ali mengatakan, penyesuaian tarif di Batam itu sudah disetujui oleh seluruh pengguna jasa. “Seluruh Asosiasi yang ada di Batam sudah setuju dengan kebijakan penyesuaian tarif itu, tinggal diajukan ke Menteri Perhubungan untuk memperoleh rekomendasi,” kata Sungkono kepada Indonesia Shipping Times di kantornya, hari ini (6/12).
Menurutnya, besaran kenaikan tarif di Pelabuhan Batam itu, berkisar antara 15 hingga 85 persen. “Yang meliputi tarif jasa kapal (labuh,pandu, tunda dan tambat), jasa barang (dermaga, gudang, lapangan penumpukan, sewa alat bongkar muat),”ujarnya.
Kemudian, kata Sungkono, penyesuaian tarif juga meliputi jasa rupa-rupa. “Yang meliputi air tawar, pas masuk pelabuhan, pas terminal, sewa tanah, sewa bangunan, kebersihan kapal) dan lain sebagainya,”ujarnya.
Ditambahkan Sungkono, adapun yang menjadi dasar hukum kenaikan tarif itu adalah Peraturan Menteri Nomer 50 dan 72. “Yakni tentang struktur dan golongan jenis tarif dasar pelabuhan yang diusahakan,”tambahnya.