IPC Akan Dirikan Puluhan Anak Perusahaan

indonesiaport.co.id

INDONESIA Port Corporation/IPC (PT Pelindo II Persero) dikabarkan akan mendirikan sedikitnya 24 (dua puluh empat) anak perusahaan, 6 di antaranya akan dilaunching pada awal bulan Juni mendatang.

Hal itu dikemukakan RJ. Lino dalam acara Press conference belum lama ini di Jakarta. Menurutnya, pendirian puluhan anak perusahaan itu untuk merampingkan jalannya organisasi. ”Ibarat orang kegemukan itu jalannya susah, sama halnya dengan IPC /Pelindo II itu terlalu gemuk secara organisasi bisnis, sehingga perlu dirampingkan,” ujarnya.

Dengan kata lain, kata Lino, unit-unit usaha IPC  masing-masing perlu dibikin anak perusahaan sehingga pengambilan keputusannya cepat. ”Kalau pola organisasi IPC seperti saat ini, maka decision makingnya sulit dilakukan dengan cepat, terlalu birokratis,” jelasnya.

Dikatakan Lino, selama ini Direksi IPC habis waktunya untuk menerima laporan dari berbagai bidang usaha. ”Mereka tak bisa mengambil keputusan, sehingga harus la[por direksi lebih dulu,” lanjutnya.

Untuk itu, kata Lino pada awal Juni besok, pihaknya akan melaunching 6 anak perusahaan sekaligus. ”Anak-anak perusahaan itu antara lain membidangi usaha pandu, properti, marine serv ice, peti kemas, general cargo dan seterusnya,” imbuhnya. (SAIFUL ANAM).