Batam Samudera Berikan Layanan Total Logistics System

EUFORIA perkembangan industri logistics kini, kian menggeliat hampir di seluruh kota-kota industri di Indonesia termasuk di Kepulauan Batam yang dikenal sebagai free trade zone atau kawasan perdagangan bebas.
Perkembangan logistics itu sendiri terjadi, selain karena peluang bisnis yang sangat besar disektor itu, namun pemainnya masih sedikit, di sisi lain geliat industri logistics itu sedikit banyak terjadi karena pengaruh industri logistic global yang diperkirakan akan masuk ke suluruh Negara dunia, (termasuk Indonesia) mulai tahun 2013 mendatang.
Meski demikian, upaya menangkap peluang bisnis di sector logistics tersebut nampaknya telah menjadi perhatian PT Batam Samudera yang tidak lain salah satu anak usaha  BIAS Group yang berdiri pada September 1992 di Pulau Batam.
Pada awalnya, PT.Batam Samudra adalah perusahaan Freight Forwarder. Namun dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada customer didirikan juga perusahaan pelayaran, yakni BATAM SAMUDRA Shipping, sehingga Batam Samudra benar-benar menjadi sebuah perusahaan Total Logistics Services, sejak 11 tahun belakangan.
Upaya mencapai posisi yang memberikan layanan logistcs secara terpadu itu pun, mulanya dimulai pada tahun 2000, ketik itu Batam Samudra membeli lahan penumpukan (open yard) di Pelabuhan Batu Ampar. Pada tahun yang sama, perusahaan juga membeli sebuah kapal, namanya LCT Batam Samudra Jaya, serta membuka sejumlah kantor Cabang di Natuna, Jakarta, Balikpapan, dan Bitung.
Salah satu Direksi Batam Samudera, Prasetyo, mengatakan dengan visi menjadi perusahaan logistik dan pelayaran berstandar internasional, dalam memberikan pelayanan Batam Samudra akan mengedepankan kepuasanan pelanggan (excellent customer satisfaction).
“Kemudian kita juga akan memberikan pelayanan berkualitas (service quality), harga kompetitif (cost competitive), pelayanan tepat waktu (timely), serta peduli pada lingkungan, kesehatan, dan keamanan. Tak hanya itu kami berpegang teguh pada berbagai regulasi terkait yang dikeluarkan pemerintah dan selalu memperbaiki system managemen berkualitas.,” ujar Prasetyo kepada Indonesia Shipping Times, belum lama ini.
Ditambahkan Prasetyo, dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan juga telah dilengkapi dengan berbagi fasilitas system informasi pelayanan via email atau SMS untuk mmengetahui status pekerjaan secara real time dan informasi terkait keberadaan kapal
“Kami sudah miliki ISO 9001: 2008 terkait International standard quality management system dan juga kami tela menerapkan system kesehatan dan keamanan kerja sesuai standard OHSAS 18001:2007 and ISO 14001:2004,’ Demikian Prasetyo.